KOMUNIKASI

Spread the love

Jaman ini ditandai dengan semakin canggihnya alat komunikasi. Orang menjadi lebih mudah berkomunikasi. Tapi menurut penilitian yang dilakukan oleh University of North Carolina tentang komunikasi di tempat kerja, menunjukkan hasil yang berbeda. Orang semakin mudah salah paham, sehingga terjadi perselisihan. Orang menjadi lebih kasar dan tidak peka terhadap sesamanya. Akibatnya kerja sama tidak berjalan dengan baik, padahal dalam sebuah perusahaan dibutuhkan kerja sama untuk mencapai tujuan.

Komunikasi yang baik dapat menumbuhkan saling percaya yang sangat penting dalam kerja sama di semua bidang. Tapi karena orang berpikir tentang efektif dan efesien maka komunikasi dilakukan melalui internet, SMS, telepon dan alat lainnya. Dalam menggunakan bahasa pun orang berusaha sesingkat mungkin, maka muncul istilah LOL, OTW, BTW, q, dan sebagainya. Kalimat yang singkat dapat ditangkap berbeda sehingga menimbulkan salah duga dan menghilangkan perasaan. Komunikasi menjadi kering, kurang sopan santun, kurang ada seni untuk mendengarkan dan lainnya.

Alat komunikasi dapat menghilangkan kemanusiaan, sebab orang tidak menangkap perasaan yang terungkap dalam ekspresi wajah dan gerakan tubuh. Jika kita mendengarkan orang menceritakan lelucon maka kita tertawa. Temanmu pun senang melihat kegembiraan kita. Tapi bila melalui SMS atau WA maka kita hanya menulis LOL dan temanpun tidak menangkap ekspresi kebahagiaan kita, sehingga cerita lucu pun menjadi kering dan membosankan. Kita pun menjadi kehilangan rasa komunikasi.

 

Oleh : Rm. Yohanes Gani CM

Dimuat dalam buletin Fides Et Actio edisi No.121, Juli thn 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *