SCIENTIA et MORALIS

Pocket

Saat ini dunia memasuki era Covid-19, perpindahan era yang akhir-akhir ini berimbas kepada kelangkaan barang tertentu, seperti APD (Alat Perlindungan Diri) medis.


Tidak jarang juga terlihat masyarakat terdidik memanfaatkan peluang ini untuk mendapat keuntungan dengan berbisnis dagang masker/sanitizer yang harganya bisa 150-200% dari harga biasanya. Sebernarnya sah-sah saja mencari keuntungan. Tapi jangan hilangkan nilai kemanusiaan.


Saya masih suka dengan semboyan sebuah universitas di Surabya “Scientia et Moralis” yang artinya berilmu dan bermoral. Ilmu dan moral harus berimbang, bukan berarti jika berilmu maka melupakan nilai-nilai moral kemanusiaan, dan sebaliknya.


Saya tidak ingin mengutuk atau mencaci para pelaku bisnis tersebut. Benar atau salah kalian pasti bisa memutuskan sendiri. Hanya ingin kalian melihat dari sudut pandang yang berbeda saja. Jangan sampai sekali lagi orang kecil yang harus dikorbankan.


Alangkah indahnya jika kita semua masih bisa berbagi demi kemanusiaan.

Jika ada timbunan stok barang tersebut di gudang Anda, akan lebih baik jika disumbangkan sedikit ke Rumah Sakit rujukan yang telah ditunjuk menangani wabah ini. Semoga kesadaran dan kebaikan hatimu memperkuat sistem imun Anda. Salam sehat selalu.



Semoga semua makhluk berbahagia.

Oleh : Christianus Hadi Winjaya

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: