Menjadi Paralegal itu Mudah dan Menyenangkan.

Pocket

Pada tanggal 8 – 10 April 2016 yang lalu, beberapa relawan YKBS mengikuti pelatihan paralegal yang diadakan oleh Komisi Keadilan, Perdamaian dan Pastoral Migran-Perantau Konferensi Waligereja Indonesia (KKP-PMP KWI) dan Sanggar Al-Faz Porong di Pandaan. Pelatihan ini dihadiri oleh 5 komunitas yakni Sanggar Al-Faz (Porong), Ar-Rohman (kelompok ojek tanggul), Laskar Hijau (lembaga konservasi alam lingkungan Lumajang) & tim advokasi tolak tambang pasir (Salim Kancil), KLM (Korban Lapindo Menggugat) dan YKBS (Yayasan Kasih Bangsa Surabaya).
Pelatihan tersebut menghadirkan 3 pembicara, yakni : Rm. P.C. Siswantoko Pr (KKP-PMP KWI), Azas Tigor Nainggolan (FAKTA – Forum Warga Kota Jakarta) dan Khoirun (Komnas HAM) dengan moderator Rm. Rudy Hermawan CM (YKBS).
6
Sejak persiapan pelatihan ini, Rm. Wawan CM dan beberapa relawan YKBS mendampingi panitia lokal (Sanggar Al-Faz) untuk menyiapkan segala sesuatunya berkaitan dengan pelatihan paralegal ini. Syukur kepada Tuhan bahwa pada akhirnya acara dapat terlaksana dengan baik dan semoga membawa manfaat bagi peserta yang hadir.
Berikut ini sedikit corat-coret dari salah seorang peserta yang ikut dalam pelatihan tersebut.
===
 “Pelatihan paralegal? Apa itu? Pasti halnya sulit dan membosankan. Lebih tepatnya menakutkan.. karena berhubungan dengan hukum dan undang-undang. Tapi di balik kebingungan dan ketakutan itu, rasanya ada tantangan tersendiri untuk mencoba ikut, siapa tahu berguna”. Sepenggal kalimat itulah yang mungkin akan mengisi otak sebagian peserta pelatihan saat hendak berangkat ke pelatihan. Apa lagi bila Anda merasa awam sekali di bidang ini. Benarkah sesulit itu? Tidakk.. Berikut ini gambaran hal-hal yang dibahas dalam pelatihan paralegal, semoga bermanfaat.
7
Paralegal berarti orang yang melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan hukum, namun dalam batas-batas tertentu dan tidak menggantikan peran praktisi hukum atau advokat. Ia hanya “para” yang berarti seperti. Paralegal memiliki tugas untuk membantu advokat terutama untuk administrasi dan pengarsipan dokumen. Dalam praktiknya, paralegal mengerjakan lebih dari itu, mereka sering terlibat intensif untuk membantu kelompok-kelompok memetakan dan merumuskan ide pokok dalam persoalan-persoalan hukum yang dialami.
26
Paralegal merupakan orang yang bekerja secara sukarela, karena memiliki kepedulian dan komitmen dalam melakukan pendampingan untuk memperjuangkan keadilan masyarakat. Pendampingan bisa berupa konsultasi kepada korban atau masyarakat lainnya agar dapat memahami perkara dengan lebih baik, juga konsultasi dalam rangka memberikan alternatif pilihan dalam penyelesaian perkara hingga menjembatani pihak yang bersangkutan dengan sumber bantuan hukum.
Ada kecakapan-kecakapan khusus yang harus dimiliki oleh paralegal dan hal-hal ini pasti akan didapat saat mengikuti pelatihan paralegal, diantaranya adalah:
16

Memahami logika hukum

  • Memahami teknik fasilitasi dalam sosialisasi dan promosi kegiatan sadar hukum
  • Memahami Hirarki peraturan perundang-undangan
  • Memahami sistem peradilan dan peranan aparat penegak hukum serta mekanisme pengaduan jika terjadi pelanggaran yang dilakukan aparat penegak hukum.
  • Dasar-dasar tentang proses perkara pidana dan perdata
  • Dasar-dasar tentang perundang-undangan
  • Mampu memberikan pilihan dalam penyelesaian kasus melalui proses di pengadilan (litigasi) maupun di luar pengadilan (non litigasi).
  • Apa lagi ya.. itu aja dulu dehh..

17

Ternyata banyak juga ya ketrampilan dan pengetahuan yang harus dimiliki. Memang, tetapi bukan hal sulit kok. Dengan kesabaran dan pengalaman lapangan sedikit demi sedikit ketrampilan itu akan terasah dengan sendirinya. Ayo berangkat, tak perlu ragu…. Ingat, ada banyak saudara kita yang memerlukan bantuan kita untuk mendapatkan keadilan… Selamat mengikuti pelatihan!!
32
Oleh : Johanes Lasmidi
Foto oleh : Veronika Sari Fuji
Please follow and like us:
0

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: