Retret YKBS : Ambil Bagian Dalam Hidup Orang Miskin

Pocket


Suasana akrab dan guyub antara karyawan dan relawan sungguh terasa pada acara retret yang diadakan oleh Yayasan Kasih Bangsa Surabaya (YKBS) hari Sabtu dan Minggu, 30 – 31 Mei 2015. Acara yang diadakan di Wisma Kapal Api, Trawas ini diikuti sebanyak 21 orang. Untuk retret tahun ini Rm. Markus Rudy Hermawan CM dan Rm. Ignatius Suparno CM berkesempatan untuk memberikan materi dengan tema “Ambil Bagian Dalam Hidup Orang Miskin”.
Dalam retret kali ini, pertama-tama peserta diminta untuk menyendiri melihat kembali motivasi awal mereka ketika melakukan dampingan dalam karya-karya sosial yang ada di YKBS. Dari motivasi awal ini peserta selanjutnya diminta untuk mencari pengalaman di masa lalu yang membentuk motivasi tersebut.

Setelah peserta menemukan motivasi awal mereka, mereka kembali diajak untuk menemukan keprihatinan-keprihatinan apa saja yang diperoleh selama pendampingan dan bagaimana keprihatinan tersebut memperdalam dan mempertajam motivasi yang sudah ada. Lalu peserta diajak untuk menemukan dimensi rohani dari keprihatinan itu sebelum disharingkan dalam kelompok-kelompok kecil.
Selanjutnya, peserta diajak untuk mencari apa saja tantangan-tantangan yang mereka hadapi selama memegang nilai solidaritas dan sekaligus diminta untuk menemukan cara bagaimana menghadapi tantangan-tantangan tersebut lalu mensharingkannya dalam kelompok besar.
Selama proses retret berlangsung semua peserta bisa bercerita dengan berbagai versi yang pernah dialami tanpa harus ada rasa malu, tetapi rasa ingin berbagi pengalaman dan belajar dari apa yang telah dialami. Semoga dengan tema retret kali ini tidak hanya keakraban dan keguyuban saja yang tampak dalam diri peserta, tetapi juga dapat saling menginspirasi untuk terus bergerak menjadi lebih peka dan solider terhadap lingkungan sekitar dan senantiasa turut serta untuk  terus-menerus ambil bagian dalam hidup mereka-mereka yang miskin dan terpinggirkan. (Agus Eko Kristanto).
Please follow and like us:
0

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: