Solidaritas Kelud

Pocket


Teman-teman,
Saya sedikit mau menceritakan gambaran lapangan di wilayah korban letusan Gunung Kelud. Ini bukan informasi resmi dari instansi manapun, cuma sekedar berbagi informasi secara pribadi sejauh saya menyaksikan.

Para korban terkonsentrasi di daerah2 kabupaten Kediri, Pare, dan Kab. Malang. Kalaupun mereka siang pulang membersihkan rumah, malam masih kembali ke pengungsian. Rupanya bukan hanya karena takut, tetapi karena rumah mereka sangat banyak yang berlubang, dan sementara tidak layak huni. 

WILAYAH PARE. Pengungsi Pare tersebar di banyak gedung kantor desa. Ada dapur umum di masing2 pos, tidak terlalu disentralkan. Gereja St. Mateus Pare juga menampung pengungsi di aula gereja dan kelas-kelas sekolah di belakang gereja. Relawan dan pelayanan dikoordinir oleh teman-teman dari Karina Keuskupan Surabaya dan beberapa relawan lokal dan dari daerah lain. 

WILAYAH KEDIRI. Pengungsian besarnya ada di Kecamatan Wates. Juga di beberapa kantor desa di kecamatan2 yang relatif aman. Di Wates ada beberapa pos berdekatan, dengan jumlah pengungsi yang ada yang 1.058, 624, 400an, 300, dan 150.  Makanan utama di Wates disuplai dari kecamatan, dalam rupa nasi bungkus.  Selebihnya mengandalkan bantuan2 dari para donatur dan relawan di masing-2 posko. Posko wates memperhatikan kebutuhan sampingan para pengungsi dan kebutuhan dasar sepulang mereka dari pengungsian. 

KEPERLUAN mereka. Tentu sembako sangat diperlukan sampai ketika pengungsi kembali ke rumahnya, untuk keperluan hari2 pertama, sebelum mereka  bisa kerja normal. Beras, minyak, mi, kecap, gula, lauk pauk, dll sangat mereka perlukan.Tetapi utuk saat ini mereka juga memerlukan hal2 sebagai berikut: MAKANAN ringan, kue2, pop mi yang mudah saji, permen, bubur bayi, susu bayi dan lansia, dll. OBAT2 tanpa resep dokter untuk pengobatan seputar mata, nafas, batuk, masuk angin, kulit, obat gosok seperti minyak telon, kayu putih dll. KEBUTUHAN LAIN seperti pempers bayi dan lansia, pembalut, selimut, tikar.
Pihak2 yang bisa dihubungi untuk koordinasi donatur dan relawan lewat jalur Gereja: 
  1. KARINA Keuskupan Surabaya, yang bisa dihubungi di Paroki St. Mateus Pare
  2. POSKO WATES, di mana anda bisa menghubungi Rm. Hardo, CM dan Rm Edi Pur, CM di St Yosep Kediri, dan para Suster di Brawijaya Kediri.
Tentu saja anda juga bebas untuk menyalurkan lewat aneka instansi yang sudah melayani di sana.
Di wilayah Surabaya anda bisa mengumpulkan bantuan di paroki anda masing-masing atau lewat Yayasan Kasih Bangsa Surabaya yang berkantor di Jl. Kinibalu 41 Surabaya, tlp 031-5465436.
Rm. Parno Ignatius CM
Foto-foto oleh : Crystal Gayuh Lestari
Please follow and like us:
0

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: